Baby Sitter

Allow again mommies… yang baru lahiran pasti lagi bingung nyari baby sitter. Sama dong. Saya ini working mommies, so setelah jatah cuti habis, aseli bingung nyari “mba”. Orang tua sih ada, tapi saya tipikal orang yang tidak suka melimpahkan tanggung jawab saya ke orang lain. And Jaz is my number one priority and responsibility. Uda ubek” kampung belakang, tanya” sana sini, sampe sodara” yang pada pulang kampung, suruh cariin. Hasilnya ? Tau sendiri lah susahnya cari orang yang benar” niat kerja. Pernah kepikiran untuk menggunakan jasa yayasan, tapi..selain mahalnya bukan main, juga banyak cerita” yang kurang menyenangkan.

Contoh nih ya, untuk seorang baby sitter dari yayasan. Kalau newborn itu 2,6 – 3 juta perbulan. belum lagi kita harus “nebus” si mba dengan harga yang lumayan fantastis, beragam antara 1-2juta. Kalau si mba gak bisa cuti, kita harus bayar jasa nya, alias extra di luar gaji. Terus, kalau dia cuti, kita harus ongkosin. Meskipun ada jaminan 1-3 bulan, jika si mba keluar makan akan di gantikan. Tapi ada juga yayasan yang bandel dan nyuruh mba nya keluar setelah 3 bulan, which is setelah masa jaminan habis. Plus nya, mereka sudah terlatih dan harus standby 24 jam. Ada beberapa site yang mmenyediakan jasa baby sitter ini. Tapi harus lihat” dulu track record yayasannya. Biasanya, klo mommies buka website female daily atau mommies daily ada tuh yayasan mana yang di anjurkan. Atau bisa juga googling. Saya sendiri sampe cari blog blog orang lain yang ngebahas soal baby sitter ini. salah satu yang favorit adalah Indira Abidin. Karena bener’ di bahas tuntas tas tas… atau kalau mau liat” berapa sih gaji mereka bisa liat di sini.

Kalau saya sendiri sih tergolong nekat. Saya pernah pasang iklan di Indira Abidin’s blog. Memang dapet, cuma tidak bertahan lama. Kurang lebih 3 bulan. Kemudian ganti lagi, saya pasang iklan di OLX. Hehe…ternyata selain jual barang, ada juga untuk jasa. Mommies cukup buka account di OLX terus pasang iklan deh. Masa berlaku iklan adalah 90 hari. Banyak yang jawab iklannya, banyak juga yang cuma iseng”. Tapi saya dapat mba Anna yang kompeten banget dan sayang sama Jaz. Mba Anna ini, tadinya baby sitter beneran, dari sebuah yayasan. Terus dy keluar dari yayasan tersebut dan solo deh cari kerjaan. Jadi kualitasnya memang oke oce 🙂 Atau kalau masih bingung juga, di facebook juga ada account untuk dunia pembatu. Mommies bisa cek semuanya and see what fits you better.

Ada banyak cara untuk mendapatkan baby sitter / momong anak / mba untuk anak. Tapi mommies have to careful too. Listen to your heart, klo di rasa tidak cocok jangan di teruskan. Biasanya dari proses wawancara melalui telepon aja sudah ketauan. Tapi lebih baik lagi kalau bertemu muka , agar lebih yakin. Untuk saya, sekarang saya masih punya mba Anna, yang menjaga Jaz dengan penuh kasih sayang. Semoga langgeng yaaa….


Leave a comment